Beranda | Artikel
Mengenal Imam Al-Humaidi
Kamis, 12 Maret 2015

fc2b3ca477

Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Zubair bin Isa bin Ubaidillah bin Usamah, Abu Bakar Al-Qurasyi Al-Asadi Al-Humaidi Al-Makki. Wafat tahun 219 H. Syaikh/Guru besar Masjidil Haram di masanya dan pemilik kitab Musnad Al-Humaidi.

Diantara guru-guru beliau adalah Fudhail bin ‘Iyadh, Sufyan bin Uyainah, Waki’, Syafi’i, dan lain-lain. Adapun murid-murid beliau antara lain adalah Imam Bukhari, Adz-Dzuhli, Abu Zur’ah dan Abu Hatim Ar-Razi, dan lain-lain. Ahmad bin Hanbal berkata, “Al-Humaidi dalam pandangan kami adalah seorang imam.” Ibnu Rahawaih berkata, “Para imam di masa kami adalah Asy-Syafi’i, Al-Humaidi, Abu ‘Ubaid.”

Beliau menulis kitab tentang akidah yang berjudul Ushulus Sunnah. Di dalam kitab ini beliau banyak menerangkan hal-hal yang menjadi keyakinan dan prinsip akidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Berikut ini kami cuplikkan sebagian ucapan beliau :

Beliau berkata, “As-Sunnah dalam pandangan kami -ahlus sunnah- adalah seorang harus mengimani takdir yang baik dan yang buruk, yang manis maupun yang pahit, dan semestinya dia mengetahui bahwa apa pun yang telah menimpanya tidak akan mungkin meleset darinya, dan apa-apa yang ditakdirkan meleset darinya maka tidak akan pernah menimpanya. Dan bahwasanya itu semua telah ditetapkan oleh Allah ’azza wa jalla.”

Beliau juga berkata, “Iman adalah ucapan dan amalan. Bertambah dan berkurang. Tidak bermanfaat ucapan tanpa amalan. Dan tidaklah bermanfaat amalan dan ucapan tanpa niat. Dan tidak bermanfaat ucapan, amalan dan niat kecuali apabila sesuai dengan Sunnah.”

Beliau berkata, “Barangsiapa yang mencela mereka -sahabat nabi-, merendahkan mereka, atau salah seorang dari mereka, maka dia bukan berada di atas sunnah.”

Beliau berkata, “Al-Qur’an adalah kalam Allah. Aku mendengar Sufyan berkata : Al-Qur’an adalah kalam Allah, barangsiapa mengatakan ia adalah makhluk maka dia adalah pembuat bid’ah, kami tidak pernah mendengar seorang pun -ulama- yang mengatakan pendapat seperti ini.”


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/mengenal-imam-al-humaidi/